Selasa, 19 Agustus 2008

Teknik Dasar

RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN
(RPP)


I. Pendahuluan

Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.

Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian

II Pengertian RPP

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikatr untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

A. Mencantumkan identitas
¦ Nama sekolah
¦ Mata Pelajaran
¦ Kelas/Semester
¦ Standar Kompetensi
¦ Kompetensi Dasar
¦ Indikator
¦ Alokasi Waktu


Catatan:
¦ RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
¦ Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
¦ Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.
B. Mencantumkan Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.

C. Mencantumkan Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.
D. Mencantumkan Metode Pembelajaran
Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.

E. Mencantumkan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Akan tetapi, dimungkinkan dalam seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan karakteristik model yang dipilih, menggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya. Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup tidak harus ada dalam setiap pertemuan.

F. Mencantumkan Sumber Belajar

Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.

G. Mencantumkan Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat ituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.
H. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Format RPP dapat berbentuk lansckap atau portret sesuai sekeinginan guru/pembuat RPP yang penting aspek – aspek penting RPP tetap tercantum,seperti contoh di bawah ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi :
Kompetensi Dasar :
Indikator :
I. Tujuan Pembelajaran
II. Materi Pembelajaran
III. Metode Pembelajaran
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan awal
2. Kegiatan inti
3. Kegiatan akhir/Penenangan
V. Sumber Belajar/Alat/Bahan
VI. Penilaian
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SMP/MTs :
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/ Semester : VII/ I
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 X pertemuan )
Standar Kompetensi : Mempratikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai- nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar dengan baik, dan nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator : 1. Melakukan passing bawah bola voli
2. Melakukan passing atas bola voli
3. Bermain bola voli dengan peraturan yang
sederhana/dimodifikasi.
4. Menunjukkan sikap kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, sportivitas
I. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa mampu melakukan passing bawah permainan bola voli
b. Siswa mampu mmelakukan passing atas permainan bola voli
c. Bermain bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi
II. Materi Pembelajaran
Permainan bola voli
- Passing bawah permainan bola voli.
- Passing atas permaqinan bola voli.
- Bermain bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi.
-
III. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demontrasi
- Pemberian tugas
IV. Langkah- langkah kegiatan pembelajaran
a. Kegiatan awal 10 menit
- Berbaris, berdoa, presensi,
- pemanasan.

b. Kegiatan inti 60 menit
- Penjelasan tentang teknik pass atas dan pass bawah
- Pemberian contoh gerakan
- Latihan Passing bawah perseorangan dan berpasangan/kelompok
- Latihan Passing atas perorangan dan berpasangan/kelompok
- Melakukan pertandingan bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi.
c. Kegiatan akhir 10 menit
- Berbaris, koreksi klasikal, berdoa, selesai.
V. Sumber Belajar / Alat / Bahan
- Bola voli
- Net
- Tiang
- peluit
- Ruang terbuka yang datar dan aman
Muhajir, 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : Yudistira
VI. Penilaian
a. Teknik Penilaian
- Tes unjuk kerja ( pskomotor )
Lakukan teknik passing bawah dan passing atas
Keterangan :
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja , dengan rentang nilai 1 sampai dengan 4 misalnya
menggunakan 70 %
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ------------------------------------------ X 70
Jumlah skor maksimal
- pengamatan sikap ( afeksi ) :
Mainkan permainan bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi. Taati aturan permainan, kerja sama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif.
Keterangan :
Berikan tanda cek ( V ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap siswa menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang dicek mendapat nilai 1 misalnya menggunakan 30 %
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = -------------------------------------------X 30
Jumlah skor maksimal
b. Rubrik Penilaian


RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR
PERMAINAN BOLA VOLI


Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
Posisi awal tangan untuk melakukan passing bawah lurus dan rapat
Posisi awal kaki untuk melakukan passing bawah dibuka selebar bahu dan kedua direndahkan
Posisi awal tangan untuk melakukan passing atas, didepan atas dahi dengan jari-jari derenggangkan
Posisi awal kaki untuk melakukan passing atas dibuka selebar bahu dan kedua direndahkan
Perkenaan bola pada kedua lengan untuk pass bawah
Perkenaan bola pada saat pass ata
Arah dan kualitas lambungan/pantulan bola






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL = 28


RUBRIK PENILAIAN
SIKAP PADA PERMAINAN DALAM BOLA VOLI

PERILAKU YANG DIHARAPKAN


CEK ( V )
1. Bekerja sama dengan teman satu tim

2. Mentaati peraturan

3. Menghormati wasit

4. Sungguh-sungguh dalam bermain

JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL = 4




NILAI AKHIR YANG DIPEROLEH SISWA =
Nilai tes unjuk kerja + Nilai observasi
Misalnya unjuk kerja nilai 80 = 80:100 x 70% = 56
Sikap/nilai-nilai 80=80:100x 30% = 24 = Nilai = 80
Nilai dapat diperoleh sekaligus pada saat praktik, sesuai dengan indikator yang dikembangkan
**************************


DAFTAR PUSTAKA

_________Peraturan Menteri no.22 tahun 2006 Tentang Standar isi.Jakarta : Depdiknas.
_________Peraturan Menteri no.23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan.Jakarta:Depdiknas
_________2006.Panduan Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Direktorat Jenderal ManajemenPendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Depdiknas
_________Peraturan Menteri no.24 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan PP.no.22 tahun 2006 dan Pelaksanan PP.no.23 tahun 2006.Jakarta:Depdiknas
_________UU No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional.Jakarta:Depdiknas
_________Peraturan Pemerintah no.19 Tentang Standar Nasional Pendidikan.Jakarta: Depdiknas

Tidak ada komentar: